iklan

Buku Panduan Lengkap OOP PHP

Banyak sekali artikel dan tutorial yang membahas pembelajaran konsep OOP, namun hal itu masih terasa tidak memenuhi atau boleh dikatakan artikel dan tutorialnya tidak memuaskan. Nah dalam tutorial saya kali ini saya ingin membahas hal tersebut secara sederhana yang mudah dipahami untuk pemula dalam belajar konsep OOP dengan bahasa pemrograman PHP.


Pengertian singkat OOP
OOP (Object Oriented Programming) adalah sebuah konsep pemograman yang berbasis objek, OOP merupakan terobosan baru dalam pemrograman setelah pemrograman prosedural, pemrograman modular dan pemrograman abstraksi data.

Kenapa harus OOP?
OOP memberikan kemudahan bagi programmer dalam pembuatan sebuah program, memberikan fleksibilitas yang lebih, kemudahan penggunaan program, dan dipakai luas dalam teknik piranti lunak skala besar.
Selain itu dengan pemograman OOP kode yang dibuat akan lebih mudah dikembangkan dan dirawat dalam arti seorang programer bisa menambah sebuah objek baru tanpa harus menggangu dan merubah modul yang lain. Berikut ini keuntungan dari penggunaan OOP dalam pemograman :
  1. Reusability (kemampuan untuk digunakan kembali). Kode yang dibuat dapat digunakan kembali di aplikasi atau program lainnya.
  2. Extensibility (Kemampuan untuk dapat dikembangkan). Kita dapat membuat method yang baru atau mengubah yang sudah ada sesuai dengan yang kita inginkan tanpa harus membuat kode dari awal.
  3. Maintainability (Kemampuan untuk mudah dikelola), kode yang sudah dibuat lebih mudah untuk di maintain/manage. Apabila aplikasi yang dibuat adalah aplikasi dengan skala besar dan apabila terjadi error atau kesalahan maka dengan OOP hal tersebut mudah ditangani karena pemograman yang menggunakan OOP sudah modularitas(memecahkan program yang besar menjadi bagian-bagian kecil) sehingga perbaikan cukup pada modul-modul tertentu saja tanpa harus mengubah modul yang lainnya.
Download From Mediafire  :


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Buku Panduan Lengkap OOP PHP"

  1. Koleksi ebook pemrogramanya lengkap mantaff..,, thanks boss...

    BalasHapus
  2. wahhh... mantab ilmunya gan, ane lg belajar oop php soalnya. ty

    BalasHapus

kami mengharapkan anda meningalkan pesan untuk kami.terima kasih