iklan

ebook ruby bahasa indonesia

Ruby merupakan bahasa scripting yang memiliki string processing yang sangat akurat misalnya regular expression sehingga sangat cocok untuk administrator system untuk membuat powerfull shell script.
Dipihak lain, bahasa scripting menawarkan pengembangan aplikasi yang cepat misalnya pembuatan aplikasi GUI, webscripts, systemutilities, dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan string ataupun perhitungan yang akurat. Pencipta Ruby,Yukihiro Matsumoto (Matz), menggabungkan bagian-bagian dari bahasa-bahasa favorit beliau (Perl, Smalltalk, Eiffel, Adadan Lisp) untuk membentuk bahasa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dengan pemrograman imperatif.

Fitur–Fitur Ruby
· Ruby merupakan bahasain terpreter.
· Ruby memiliki sintaks yang sederhana, mudah dipelajari dan dipahami.
· Ruby memiliki fitur-fitur yang menangani exception, seperti Java atau Python, untuk mempermudah menangani error.
· Rubymenyediakanmark-and sweep garbage collector untuk semua obyek Ruby. Tidak perlu me-maintain referencecount pada library extension.

  1. Menulis extension C di Ruby lebih mudah dari pada di Perl ataupun di Python, dengan API yang elegan untuk memanggil Ruby dari C. Ini termasuk memanggil Ruby embedded di software, untuk digunakan sebagai bahasa scripting. Interface SWIG juga tersedia.
  2. Ruby bisa load library extension secara dinamis jika Sistem Operasi mengijinkan.
  3. Ruby menyediakan fitur OS threading yang independent. Maka, untuk semua platform dimana Ruby berjalan, kita juga punya multithreading, terlepas dari apakah Sistem Operasi mendukung multithreading atau tidak, bahkan pada MS-DOS sekalipun.
  4. Ruby sangat portable: Ruby kebanyakan dikembangkan di GNU/Linux, tetapi juga berjalan di banyak tipe UNIX, MacOSX, Windows95/98/Me/NT/2000/XP,DOS,BeOS,OS/2, dan lain-lain.
  5. Danyang terakhir,tentunya Ruby gratis bahkan untuk aplikasi komersial.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ebook ruby bahasa indonesia"

Posting Komentar

kami mengharapkan anda meningalkan pesan untuk kami.terima kasih